my-computer-300x300 rokok

California – Berhenti dari kebiasaan merokok bukan perkara mudah, bahkan banyak orang memilih menyerah di tengah jalan. Namun tak ada salahnya para pecandu rokok yang ingin stop melirik program berhenti merokok di komputer dan internet karena dipandang cukup efektif.

“Dengan makin tingginya ongkos kesehatan, diperlukan program kesehatan murah dan efektif. Kami menemukan kalau program berbasis web dan komputer adalah alternatif berharga,” tukas Joel Moskowitz, direktur Center for Family and Community Health, University of California Berkeley.

Di Indonesia barangkali program berhenti merokok dengan panduan yang diberikan via internet belum umum. Namun di mancanegara, sudah banyak masyarakat memanfaatkannya.

Para periset menganalisis 22 uji coba melibatkan sekitar 30.000 partisipan. Studi ini membandingkan efektivitas program berhenti merokok berbasis komputer atau web dengan metode biasa yang dilakukan sendiri.

Dikutip detikinet dari Forbes, Rabu (22/5/2009), persentase perokok yang berhasil melepaskan diri dari rokok mencapai 9,9 persen berkat program berbasis web atau komputer. Angka ini lebih tinggi 1,7 kali ketimbang persentase mereka yang coba berhenti merokok dengan cara sendiri.

“Program berhenti merokok via komputer dan internet kurang direkomendasikan karena dinilai tidak konsisten. Namun review kami menemukan bahwa cara ini bisa diandalkan,” demikian laporan studi yang dipublikasikan di media Archives of Internal Medicine. ( fyk / faw )

Sumber berita: detikinet.com

Iklan